Counsellors at Law-Receiver / Administrator

Guruda - Merpati Garap Kawasan Timur

Oktober 18, 2019 News
Guruda - Merpati Garap Kawasan Timur
Bisnis, JAKARTA - Pasar kargo udara di wilayah timur Indonesia makin dilirik maskapai penerbangan seiring dengan meningkatnya kebutuhan bisnis dan volume.  Untuk itu Garuda Indonesia Group langsung 'take off' untuk menegaskan penetrasi pasarnya di kawasan tersebut. Merpati Nusantara pun digaet sebagai mitra bisnis.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan mengatakan pesawat yang digunakan untuk operasional angkutan barang via udara tersebut sebanyak tiga unit berjenis Boeing 737 Series. Satu unit pesawat khusus kargo dari Garuda Indonesia dan dua unit berasal dari Citilink Indonesia yang akan dikonversi dari pesawat penumpang, " Nanti rutenya bisa berkembang, baik antar wilayah Timur maupun Jakarta ke Timur bolak balik," ujarnya, Kamis (17/10).

Jumlah pesawat yang dioperasikan khusus kargo juga akan bertambah menjadi 8 unit menggunakan jenis Boeing 738 dan Airbus 330. Lima unit tambahan akan didatangkan bertahap hingga 2020. Saat ini, lanjutnya, pesawat yang digunakan adalah dari Garuda Group, karena pesawat milik merpati sedang dalam kondisi no ops dan membutuhkan sertifikasi ulang dengan biaya yang tinggi.

Ikhsan memastikan dalam kerja sama tersebut, Garuda tidak menjadi terbebani. Menurut dia, dalam pengembangan usaha pengembangan kargo dari Merpati, beberapa BUMN lainnya seperti Semen Indonesia, Pertamina, Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan PLN akan mendukung melalui aktivitas pelayanan pengiriman barang - barang di wilayah Papua. Direktur Utama Merpati Airlines Asep Ekanugraha mengatakan kerja sama tersebut murni bentuk dari sinergi. "Ini bagian dari upaya kami dalam memanfaatkan resources yang ada dalam konteks sinergi BUMN."

Sumber: Bisnis Indonesia